Skip to main content

PENGERTIAN DAN SEJARAH SINGKAT ALGORITMA

Sejarah singkat Algoritma

Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawarizmi (hidup ± abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya
dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algorithmi de numero Indorum".

Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab. Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan
diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.


Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang dinyatakan dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

atau

Suatu prosedur yang jelas untuk menyelesaikan persolan dengan menggunakan langkah-langkah tertentu dan terbatas jumlahnya.


Ciri-ciri Algoritma menurut Donald E. Knuth

- Algoritma mempunyai awal dan akhir. Suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan
  serangkaian tugas dengan kata lain algroritma harus memiliki langkah terbatas.
- Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (not ambiguous)
- Memiliki masukan (input) atau kondisi awal
- Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir
- Algoritma harus efektif , bila diikuti benar-benar akan menyelesaikan masalah.


Sifat-sifat Algoritma

- Input / Masukan: Suatu algoritma memiliki input atau kondisi awal sebelum algoritma dilaksanakan dan bisa berupa nilai-nilai pengubah yang diambil dari himpunan khusus.

- Output / Pengeluaran: Suatu algoritma akan menghasilkan output setelah dilaksanakan, atau    algoritma akan mengubah kondisi awal menjadi kondisi akhir,  dimana nilai output diperoleh dari nilai input yang diproses melalui algoritma

-Definiteness / Pendefinisan: langkah-langkahyang dituliskan dalam algoritma terdefinisi dengan jelas sehingga mudah dilaksanakan oleh pengguna algoritma


-Finiteness / Penyelesaian: Suatu algoritma harus memberi kondisia akhir atau output setelah melakukan sejumlah langkah yang terbatas.

-Effectiveness / Efektifitas: Setiap langkah dalam algoritma bisa dilaksanakan dalam suatu selang waktu tertentu sehingga pada akhirnya memberi solusi sesuai yang diharapkan

-Generelity/ Umum: Langkah-langkah algoritma berlaku untuk setiap himpunan input yang sesuai dengan persoalan yang akan diberikan, tidak hanya untuk himpunan tertentu.


Struktur Algoritma

Deskriptif
Algoritma bertipe deskriptif maksudnya adalah algoritma yang ditulis dalam Bahasa manusia sehari-hari (misalnya Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris) dan dalam bentuk kalimat. Setiap langkah algoritmanya diterangkan dalam satuan atau beberapa kalimatSebagai contoh misalnya algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan berikut ini: algoritma mempunyai awal dan akhir.



Flowchart
Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan berhubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.



Contoh algoritma menentukan bilangan terbesar dari 3, bilangan seperti yang dicontohkan sebelumnya, tetapi ditulis dalam bentuk flowchart.

Pseuducode
Pseudo berarti imitasi dan kode berarti, kode yang dihubungkan dengan instruksi yang ditulis dalam Bahasa computer (kode Bahasa pemrograman). Apabila diterjemahkan secara bebas, maka pseudocode berarti tiruan atau imitasi dari kode Bahasa pemrograman.

Contoh algoritma menentukan bilangan terbesar dari tiga bilangan yang ditulis dalam bentuk pseudocode:



Struktur Algoritma

Runtunan / Sekuensial 
Sebuah runtunan terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yakni sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dikerjakan. Urutan dari instruksi menentukan hasil akhir dari suatu algoritma. Bila urutan penulisan berubah maka mungkin juga hasil akhirnya berubah.

Sebagai contoh: perhatikan operasi aritmatika berikut ini, (4+3)*7=49, tetapi bila urutan aksinya diubah maka hasil keluaran akan berbeda menjadi 4+(3*7) =25.


Seleksi / Selection
Struktur Seleksi (selection) atau Percabangan, adalah struktur algoritma yang menyatakan pemilihan langkah yang didasarkan oleh suatu kondisi atau pengambilan suatu keputusan. Ciri utama dari  truktur Percabangan adalah adanya bentuk flowchart belah ketupat (decision). 
Contoh dari Struktur Seleksi/ Percabangan pada saat pengambilan keputusan diantaranya bila terdapat diskon yang berbeda berdasarkan jumlah barang yang ingin dibeli


Perulangan / Repeteteion
Algoritma Perulangan atau Looping Algorithm adalah sebuah struktur dasar algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang sampai terpenuhinya suatu kondisi.



































Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR DAN TIPE DATA PADA ALGORITMA

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Struktur dan tipe data pada algoritma Data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam, atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol. Data merupakan suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel menyatakan nilai yang dapat diubah-ubah selama eksekusi berlangsung. Struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan, dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien. Dengan kata lain struktur data adalah sebuah skema organisasi, seperti variable, array dan lain-lain. TIPE DATA Tipe data adalah pengelompokan data berdasarkan isi dan sifatnya. Dalam bidang informatika, tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh computer, untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. KATEGORI TI...

Denifisi Flowchart Fungsi Unsur dan jenisnya

DEFINISI FLOWCHART Defini Flowchart secara umum   adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang  m enggambarkan urutan proses secara mendetail dan berhubungan antara suatu proses ( instruksi ) dengan proses lainnya dalam suatu program. FUNGSI FLOWCHART Secara garis besar, flowchart memiliki beberapa fungsi yang diantaranya yaitu : Memastikan Program Memiliki Alurnya Sendiri yaitu  Flowchart atau bagian alir dapat membantu programmer untuk melihat alur atau pola ketika akan membangun sebuah program/ aplikasi . Dengan demikian , programmer dapat mencegah malfungsi dari program komputer yang sedang dibuatnya . Program atau aplikasi yang dihasilkan pun dapat bekerja secara optimal dan maksimal . Melihat Keseluruhan Program Flowchart dapat membantu anda melihat rangkaian program secara keseluruhan (universal) dan detail. Hal ini akan memudahkan siapa pun untuk melihat dan memahami rancangan sua...